Selasa, 24 Desember 2013

Keuntungan dan kerugian Nanoteknologi

Definisi Nanoteknologi

      Nanoteknologi adalah manipulasi materi pada skala atomik dan skala molekular. Diameter atom berkisar antara 62 pikometer (atom Helium) sampai 520 pikometer (atom Cesium), sedangkan kombinasi dari beberapa atom membentuk molekul dengan kisaran ukuran nano. Atau deskripsi yang lebih umum adalah manipulasi materi dengan ukuran maksimum 100 nanometer.

Keuntungan dan Kerugian Nanoteknologi

      Nanoteknologi dipandang sebagai cara masa depan dan merupakan teknologi yang banyak orang berpikir akan membawa banyak manfaat bagi semua orang yang akan menggunakannya , tidak ada yang pernah sempurna dan akan selalu ada pro dan kontra untuk semuanya. 


Keuntungan Nanoteknologi:

  • Nanoteknologi dapat merevolusi banyak produk elektronik , prosedur , dan aplikasi . Daerah-daerah yang mendapatkan keuntungan dari pengembangan lebih lanjut dari nanoteknologi ketika datang ke produk elektronik termasuk transistor nano , dioda nano , OLED , plasma display, komputer kuantum , dan banyak lagi .
  • Nanoteknologi juga bisa mendapatkan keuntungan sektor energi . Pengembangan energi - memproduksi, produk menyerap energi , dan penyimpanan energi lebih efektif dalam perangkat yang lebih kecil dan lebih efisien mungkin dengan teknologi ini . Item seperti seperti baterai , sel bahan bakar , dan sel surya dapat dibangun lebih kecil tetapi dapat dibuat lebih efektif dengan teknologi ini .
  • Industri lain yang bisa mendapatkan keuntungan dari nanoteknologi adalah sektor manufaktur yang akan membutuhkan bahan-bahan seperti nanotube , aerogels , partikel nano , dan barang-barang sejenis lainnya untuk menghasilkan produk mereka dengan .Bahan-bahan ini sering lebih kuat , lebih tahan lama , dan lebih ringan daripada mereka yang tidak diproduksi dengan bantuan nanoteknologi .
  • Dalam dunia medis, nanoteknologi juga dilihat sebagai anugerah karena ini dapat membantu dengan menciptakan apa yang disebut obat pintar . Orang ini membantu penyembuhan lebih cepat dan tanpa efek samping bahwa obat tradisional lainnya memiliki . Anda juga akan menemukan bahwa penelitian nanoteknologi dalam kedokteran saat ini memfokuskan pada daerah-daerah seperti regenerasi jaringan , perbaikan tulang , kekebalan dan bahkan obat untuk penyakit seperti seperti kanker , diabetes , dan penyakit yang mengancam kehidupan lainnya .

Kerugian Nanoteknologi :

  • Perkembangannya Teknologi Nano  memungkinan hilangnya pekerjaan di industri pertanian dan manufaktur tradisional 
  • Perkembangan nanoteknologi juga dapat membawa jatuhnya pasar tertentu karena penurunan nilai minyak dan berlian karena kemungkinan mengembangkan sumber energi alternatif yang lebih efisien dan tidak akan memerlukan penggunaan bahan bakar fosil . Ini juga bisa berarti bahwa karena orang-orang sekarang dapat mengembangkan produk-produk pada tingkat molekuler , berlian juga akan kehilangan nilainya karena sekarang dapat diproduksi secara massal .
  • Senjata atom sekarang dapat lebih mudah diakses dan dibuat menjadi lebih kuat dan lebih merusak , hal ini dapat menjadi lebih mudah diakses dengan nanoteknologi .
  • Karena partikel-partikel ini sangat kecil , masalah benar-benar dapat timbul dari inhalasi partikel kecil ini , seperti masalah seseorang mendapat dari menghirup partikel asbes menit.
  • Saat ini, nanoteknologi sangat mahal dan mengembangkannya dapat dikenakan biaya banyak uang . Hal ini juga cukup sulit untuk memproduksi , yang mungkin mengapa produk yang dibuat dengan nanoteknologi yang lebih mahal .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar