Kamis, 20 Oktober 2016

KEWIRAUSAHAAN

         Kewirausahaan berasal berasal dari bahasa Perancis yang memiliki arti perantara. Kewirausahaan adalah proses penciptaan sesuatu yang berbeda nilainya dengan menggunakan usaha dan waktu yang diperlukan, memikul resiko finansial, psikologi dan sosial yang menyertainya, serta menerima balas jasa moneter dan kepuasan pribadi. Secara harfiah Kewirausahaan terdiri atas kata dasar wirausaha yang mendapat awalan ke dan akhiran an, sehingga dapat diartikan kewirausahaan adalah hal-hal yang terkait dengan wirausaha. Sedangkan wira berarti keberanian dan usaha berarti kegiatan bisnis yang komersial atau non-komersial, sehingga kewirausahaan dapat pula diartikan sebagai keberanian seseorang untuk melaksanakan suatu kegiatan bisnis. Tiga  jenis perilaku kewirausahaan yaitu
1.        Memulai inisiatif  
Artinya, memiliki pola pikir yang luas dan kreatif serta suatu tekad yang bulat ingin berwirausaha.,
2.        Mengorganisasi dan mereorganisasi mekanisme sosial/ekonomi untuk merubah sumber daya dan situasi dengan cara praktis.
Artinya, seorang wirausaha harus mampu merubah semua faktor yang mempengaruhi dalam kelangsungan usahanya secara praktis untuk menunjang kelancaran usahanya.
3.        Diterimanya resiko dan kegagalan.
Artinya, Seorang wirausaha juga harus bisa meenerima segala resiko dalam menjalankan usahanya yaitu suatu kegagalan dalam usahanya.
            Dalam bahasa Inggris wirausaha adalah enterpenuer, istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Richard Cantillon, seorang ekonom Prancis. Menurutnya, entrepreneur adalah “agent who buys means of production at certain prices in order to combine them”. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, ekonom Perancis lainnya- Jean Baptista Say menambahkan definisi Cantillon dengan konsep entrepreneur sebagai pemimpin.Wirausahawan adalah orang yang merubah nilai sumber daya, tenaga kerja, bahan dan faktor produksi lainnya menjadi lebih besar daripada sebelumnya dan juga orang yang melakukan perubahan, inovasi dan cara-cara baru. Kewirausahaan Dalam Perspektif Sejarah muncul pertama kali di Inggris pada akhir abad 18, diawali dengan penemuan-penemuan baru seperti mesin uap, mesin pemintal dll. Tujuan utama mereka adalah pertumbuhan dan perluasan organisasi melalui inovasi dan kreativitas. Jadi keuntungan dan kekayaan bukan tujuan utama. Karakteristik Wirausahawan Menurut McClelland :
1.        Keinginan untuk berprestasi
2.        Keinginan untuk bertanggung jawab
3.        Preferensi kepada resiko-resiko menengah
4.        Persepsi kepada kemungkinan berhasil
5.        Rangsangan oleh umpan balik
6.        Aktivitas energik
7.        Orientasi ke masa depan
8.        Keterampilan dalam pengorganisasian
9.        Sikap terhadap uang
            Karakteristik wirausahawan yang sukses dengan n Ach tinggi menurut McClelland yaitu:
1.    Kemampuan inovatif
2.    Toleransi terhadap kemenduaan (ambiguity)
3.    Keinginan untuk berprestasi
4.    Kemampuan perencanaan realistis
5.    Kepemimpinan terorientasi kepada tujuan
6.    Obyektivitas
7.    Tanggung jawab pribadi
8.    Kemampuan beradaptasi
9.    Kemampuan sebagai pengorganisasi dan administrator
Mc Clelland juga mengemukakan tiga kebutuhan dasar yang mempengaruhi pencapaian tujuan ekonomi:
1.    Kebutuhan akan prestasi
Dorongan untuk menjadi yang terbaik, untuk mencapai keberhasilan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, dan untuk berjuang demi kesuksesan. Orang-orang dengan prestasi tinggi cenderung mencari situasi-situasi dimana dapat memperoleh tanggung jawab pribadi untuk menemukan berbagai penyelesaian problem.
2.    Kebutuhan akan kekuasaan
Kebutuhan untuk membuat orang-orang lain berperilaku dengan cara-cara yang kita kehendaki, tidak ada atau sedikit kemungkinan mereka dapat berperilaku lain. Orang-orang dengan kebutuhan akan kekuasaan yang tinggi selalu menikmati tugas-tugas untuk mempengaruhi orang-orang lain, lebih menyukai ditempatkan dalam situasi kompetitif, berorientasi status, dan cenderung lebih memperhatikan prestise dan pengaruh terhadap orang-orang lain daripada hasil kerja yang efektif.
3.    Kebutuhan akan kelompok pertemanan
Keinginan untuk memiliki hubungan-hubungan persahabatan atau hubungan-hubungan antar manusia secara dekat. Orang-orang dengan kebutuhan akan pertemanan yang tinggi selalu berjuang untuk persahabatan, lebih menyukai situasi-situasi yang kooperatif daripada yang kompetitif serta berkeinginan untuk memiliki hubungan-hubungan yang penuh saling pengertian dan saling menguntungkan.
Penelitian McClelland terhadap para usahawan menunjukkan bukti yang lebih bermakna mengenai motivasi berprestasi dibanding kelompok yang berasal dari pekerjaan lain. Artinya para usahawan mempunyai n-ach yang lebih tinggi dibanding dari profesi lain. Inovasi merupakan kunci penting seorang wirausahawan. Inovasi adalah kemampuan menerapkan kreativitas dalam rangka memecahkan masalah dan menemukan peluang (Suryana, 2006).
            Peluang untuk mengidentifikasi usaha baru yang lebih baik, dan lebih menarik untuk dikerjakan sangat banyak. Seorang wirausahawan harus mampu mengidentifikasi peluang-peluang yang tersembunyi dengan gagasan-gagasan yang baru, dan bekerja keras merealisasikan semua gagasan-gagasanya itu menjadi sebuah kenyataan. Terdapat dua jenis orientasi yang merangsang penelusuran peluang usaha baru yaitu perangsang orientasi eksternal, dan perangsang orientasi internal. Keingintahuan dan minat pada apa yang terjadi di dunia merangsang orientasi eksternal, sedangkan orientasi internal merangsang penggunaan sumber daya - sumber daya pribadi untuk mengidentifikasi peluang usaha baru. Orientasi eksternal di dapat dari:
1.    Konsumen, yaitu wirausahawan harus selalu memperhatikan apa yang menjadi keinginan konsumen atau memberi kesempatan kepada konsumen untuk mengungkapkan keinginan mereka.
2.    Perusahaan yang sudah ada, yaitu wirausahawan harus selalumemperhatikan dan mengevaluasi produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan yang sudah ada dan kemudian mencari cara untuk memperbaiki penawaran yang sudah ada sehingga dapat membentuk peluang baru.
3.    Saluran distribusi, merupakan sumber gagasan baru yang sangat baik karena kedekatan mereka dengan kebutuhan pasar.
4.    Pemerintah, merupakan sumber pengembangan gagasan baru dengan dua cara yaitu melalui dokumen hak-hak paten yang memungkinkan pengembangan suatu produk yang baru, dan melalu peraturan pemerintah terhadap dunia usaha yang memungkinkan muncuknya suatu gagasan tentang usaha baru.
5.    Penelitian dan pengembangan. merupakan suatu kegiatan yang sering menemukan atau menghasilkan suatu gagasan produk baru atau perbaikan terhadap produk yang sudah ada.
Orientasi internal akan mendorong penggunaan sumber daya-sumber daya untuk mengidentifikasi peluang usaha baru, Orientasi Internal didapat dari Tiga Tahap penggunaan sumber daya – sumber daya internal yaitu :
1.    Analisa konsep hingga bisa terdefinisi dengan jelas, termasuk penguraian masalah yang perlu dipecahkan
2.    Penggunaan daya ingat untuk menemukan kesamaan dan unsur-unsur yang nampaknya berhubungan dengan konsep dan masalah-masalahnya
3.    Rekombinasi unsur-unsur tersebut dengan cara baru dan bermanfaat untuk memecahkan masalah-masalah dan membuat konsep dasar bisa dipraktekkan
            Meskipun terdapat banyak cara untuk mencari sumber gagasan baru, baik produk maupun jasa, proses ini dapat dipercepat dengan penggunaan saran-saran berikut dimana gagasan baru bisa memunculkan usaha baru.
1.    Kebutuhan akan sumber penemuan
2.    Hobi atau kesenangan pribadi
3.    Mengamati kecenderungan-kecenderungan
4.    Mengamati kekurangan-kekurangan produk dan jasa yang ada
5.    Mengapa tidak terdapat ?
6.    Kegunaan lain dari barang-barang biasa
7.    Pemanfaat produk dari perusahaan lain
            Analisa pulang pokok (break event point) adalah teknik untuk menentukan seberapa banyak satuan yang harus dijual atau seberapa banyak volume penjualan yang harus dicapai agar tercapai posisi pulang pokok (tidak rugi tidak untung). Selain itu, analisa pulang pokok juga adalah proses menghasilkan informasi yang mengikhtisarkan berbagai tingkat keuntungan dan kerugian yang berkaitan dengan berbagai tingkat produksi. Analisa pulang pokok umumnya terdiri dari refleksi, pembahasan, pertimbangan dan pembuatan keputusan relatif terhadap 7 unsur pokok. Masing-masing unsur dan definisinya adalah sebagai berikut:
1.    Biaya tetap
Biaya tetap adalah pengeluaran yang diadakan oleh generasi tanpa melihat jumlah produk yang dihasilkan. Contoh dari biaya tetap adalah pajak tanah, pemeliharaan bangunan, pengeluaran untuk bunga pada uang yang dipinjam untuk membiayai pembelian peralatan.
2.    Biaya variabel
Biaya vaiabel adalah pengeluaran yang berfluktuasi dengan jumlah produk yang dihasilkan. Contoh dari biaya variabel adalah biaya pembunkusan produk, biaya bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat produk, biaya yang berkaitan dengan pembungkusan produk untuk dikapalkan.
3.    Biaya total
Biaya total adalah total biaya total dan biaya variabel yang berkaitan dengan produksi.
4.    Pendapatan total
Pendapatan total adalah semua nilai rupiah penjualan yang terakumulasi dari penjualan produk. Sesungguhnya pendapatan total meningkat ketika lebih banyak produk yang terjual.
5.    Keuntungan
Keuntungan didefinisikan sebagai jumlah pendapatan total yang melebihi biaya total dari produksi barang yang dijual.
6.    Kerugian
Kerugian adalah jumlah biaya total produksi barang yang melebihi pendapatan total yang diperoleh dari penjualan barang tersebut.
7.    Titik pulang pokok
Titik pulang pokok didefinisikan sebagai situasi di mana pendapatan total organisasi sama dengan biaya totalnya; organisasi hanya memperoleh pendapatan yang hanya cukup untuk menutupi biaya-biayanya. Perusahaan tidak mendapatkan keuntungan maupun tidak mengalami kerugian.
Rumus perhitungan impas :
a.       Dalam satuan unit terjual
= biaya tetap / (harga @ - biaya variabel @)
b.      Dalam rupiah penjualan :
= biaya tetap / 1 – (biaya variabel @ / harga @)
            Untuk memilih badan usaha yang tepat, sesuai dengan dasar-dasar pertimbangan tersebut, perlu mengetahui definisi, peraturan perundangan-perundangan yang mengatur, serta kelebihan dan kekurangan masing-masing bentuk badan usaha. Berikut ini beberapa bentuk badan hukum beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
1.    Perusahaan Perseorangan
    Merupakan bentuk badan usaha tanpa ada pembedaan pemilikan antara hak milik pribadi engan hak milik perusahaan (Indriyo, 2005). Menurut Swasta (2002), perusahaan perseorangan adalah salah satu bentuk usaha yang dimiliki oleh seseorang dan ia bertanggung jawab sepenuhnya terhadap semua resiko dan kegiatan perusahaan. Dengan tidak adanya pemisahan pemilikan antara hak milik pribadi dengan milik perusahaan, maka harta benda pribadi juga merupakan kekayaan perusahaan, yang setiap saat harus menanggung utang-utang perusahaan. Peraturan Perundangan: tidak ada peraturan untuk pendirian perusahaan perseorangan, yang diperlukan hanya izin permohonan dari kantor perizinan setempat. Kelebihan dan Kekurang bentuk badan usaha Perseorangan:
Kelebihan
Kelemahan
1.         Memiliki kebebasan dalam    bergerak
2.         Pemerintah tidak memungut pajak perusahaan, tetapi hanya kepada pajak pemilik
3.         Penguasaan sepenuhnya terha-dap keuntungan yang diperoleh
4.         Rahasia perusahaan terjamin
5.         Motivasi usaha yang tinggi
6.         Proses pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan cepat
7.         Penanganan aspek hukum yang minimal.
     1.       Menanggung tanggung jawab hukum 
     2.      keuangan yang tak terbatas
     3.      Keterbatasan kemampuan ke-uangan
     4.      Keterbatasan kemampuan ma-najerial
     5.      Kontinuitas kerja karyawan terbatas

2.      Firma
Merupakan persekutuan/perserikatan untuk menjalankan usaha antara dua orang atau lebih dengan nama bersama, dengan tanggung jawab masing-masing anggota firma tidak terbatas. Sedangkan, laba yang diperoleh dari usaha tersebut untuk dibagi bersama-sama, begitupun sebaliknya bila terjadi kerugian, semua anggota firma ikut menanggungnya(Indriyo, 2005). Sedangkan menurut Manulang (2003), persekutuan dengan firma adalah persekutuan untuk menjalankan perusahaan dengan memakai nama bersama. Jadi, ada beberapa orang yang bersekutu untuk menjalankan suatu perusahaan. Para anggota yang berkumpul merupakan anggota aktif sehingga satu perusahaan dikelola dan dimiliki oleh beberapa orang. Kelebihan dan kekurangan badan usaha firma:
Kelebihan
Kelemahan
1.    Penguasaan terhadap keuntungan tinggi, meskipun harus dibagi dengan anggota kongsi yang lain
2.    Motivasi usaha yang tinggi, meskipun tidak setinggi perusahaan perseorangan
3.    Penanganan aspek hukum minimal, meskipun sedikit lebih rumit dibandingkan perusahaan perseorangan karena harus ada kesepakatan antara anggota
1.    Sering terjadi konflik antaranggota kongsi berkaitan dengan pem-bagian keuntungan maupun strategi bisnis
2.    Mengandung tanggung jawab keuangan tak terbatas, namun tanggung jawab keuangan sudah dapat dibagi dengan anggota kongsi yang lain
3.    Keterbatasan kemampuan ke-uangan
4.    Kontinuitas kerja karyawan terbatas
5.    Keterbatasan kemampuan mana-jerial.

3.        Perserikatan Komanditer (CV)
Merupakan suatu bentuk perjanjian kerja sama untuk berusaha bersama antara orang-orang yang bersedia memimpin, mengatur perusahaan, dan memiliki tanggung jawab penuh dengan kekayaan pribadinya, dengan orang-orang yang memberikan pinjaman, dan tidak bersedia memimpin perusahaan, serta memiliki bertanggung tanggung jawab terbatas pada kekayaan yang diikutsertakan dalam perusahaan tersebut. Dengan perkataan lain Commanditaire Vennootschap (CV) adalah sebuah perusahaan yang dibentuk oleh dua orang atau lebih, sehingga dalam CV, ada dua macam anggota, yaitu: anggota aktif dan anggota pasif. Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan badan usaha CV.
Kelebihan
Kelemahan
1.    Penguasaan terhadap keuntungan tinggi, meskipun harus dibagi dengan anggota kongsi yang lain
2.    Motivasi usaha tinggi, meskipun tidak setinggi perusahaan perseorangan
3.    Penanganan aspek hukum minimal, meskipun sedikit lebih rumit disbanding perusahaan perseorangan
1.      Mengandung tanggung jawab keuangan sekutu aktif tak terbatas, meskipun dapat dibagi dengan anggota sekutu aktif yang lain.
2.      Status hukum CV belum badan hokum sehingga sulit untuk mendapatkan proyek-proyek besar.
3.      Tidak dapat dengan mudah mengumpulkan modal dari para sekutunya, tidak seperti Perse-roan Terbatas yang dapat mengumpulkan modal dari para pemegang saham
4.      Nama CV sering sama antara satu dengan lain karena tidak ada pengecekkan dengan nama CV sebelumnya


4. Perseroan Terbatas (PT)
    Merupakan perserikatan beberapa pengusaha swasta menjadi satu kesatuan untuk mengelola usaha bersama, di mana perusahaan memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk menyertakan modalnya ke perusahaan dengan cara membeli saham perusahaan. Berikut ini kelebihan dan kelemahan badan usaha Perseroan Terbatas:
Kelebihan
Kelemahan
1.    Memiliki masa hidup yang tidak terbatas
2.    Pemisahan kekayaan dan utang-utang pemilik dengan kekayaan dan utang-utang perusahaan
3.    Kemampuan keuangan yang sangat besar
4.    Kemampuan manajerial yang tinggi
5.    Kontinuitas kerja karyawan yang panjang
1.      Pajak yang besar karena PT merupakan subyek pajak tersendiri sehingga bukan perusahaan saja yang kena pajak, tetapi deviden yang dibagikan kepada pemegang saham juga kena pajak
2.      Penangan aspek hukum yang rumit karena dalam pendirian PT memerlukan akta notaris dan izin khusus untuk usaha tertentu
3.      Biaya pembentukkan yang relatif tinggi dibandingkan dengan badan usaha lain
4.      Kerahasian perusahaan kurang terjamin karena setiap aktivitas perusahaan harus dilaporkan kepada pemegang saham

Seleksi Adalah pemilihan individu untuk disewa dari semua individu-individu yang telah direkrut. Berikut ini tahap-tahap proses seleksi:
1.      Penyaringan Pendahuluan dari rekaman, berkas data, dll
2.      Wawancara Pendahuluan
3.      Tes Kecerdasan (intelegence)
4.      Tes Bakat (Aptitude)
5.      Tes Kepribadian (Personality)
6.      Rujukan Prestasi (Performance References)
7.      Wawancara Dianostik
8.      Pemeriksaan Kesehatan
9.      Penilaian Pribadi
Daftar Pustaka:

1 komentar:

  1. Harrah's Cherokee Casinos - Mapyro
    Harrah's Cherokee Casinos, located in Cherokee, have a total 아산 출장안마 of 11,500 square feet 서울특별 출장안마 of gaming space and are 화성 출장안마 open daily 서울특별 출장마사지 24 남원 출장안마 hours.

    BalasHapus