Kamis, 20 Oktober 2016

PUBLIC SPEAKING

Kemampuan berbicara di depan umum (public speaking) dan presentasi merupakan salah satu penunjang keberhasilan seseorang, terutama mereka yang menggeluti pekerjaan yang senantiasa bersinggungan dengan orang lain. Sebab, sebagai makhluk hidup, manusia harus melakukan komunikasi dengan cara menyatakan ekspresi lewat kemampuan presentasi dan berbicara. Kemampuan ini sangat penting karena tulisan dan gambar saja tidak cukup untuk menyakinkan orang lain. Bahkan begitu pentingnya kemampuan ini, banyak yang beranggapan bahwa pada dasarnya kemampuan public speaking dan presentasi wajib dimiliki semua profesi, terutama bagi lulusan perguruan tinggi. Kemampuan public speaking lebih sulit dikuasai daripada kemampuan presentasi. Maklum ketika melakukan presentasi, seseorang masih bisa menyiapkan materi dan menggunakan sejumlah peralatan penunjang. Tapi tidak begitu dengan public speaking. Seseorang harus siap menyampaikan gagasan dalam kondisi apapun dan dengan peralatan pendukung yang terbatas. Kemampuan menyampaikan pesan ini tentu akan sangat menunjang karier yang dijalani. Misalnya, bagi seseorang yang berprofesi sebagai salesman alias tenaga penjual, tanpa kemampuan persuasif yang baik, tentu sulit mendapatkan pelanggan. Tapi, apabila dia memiliki kemampuan berbicara di depan umum yang baik dan mampu mempresentasikan produk dengan persuasif, audiens akan tertarik. Dari situlah dia akan mendapatkan banyak pelanggan, sehingga kemungkinan juga akan mendapatkan imbalan sepadan dari perusahaan.
Kemampuan public speaking dan presentasi juga perlu didukung oleh
penguasaan materi dan sikap yang baik, skill public speaking ini tentunya tidak terlepas dari content yang dibawakan. Banyak orang yang pandai, memiliki kemampuan analisis yang baik dan dalam, namun kurang terlihat tampil dengan baik jika tidak disertai dengan kemampuan menyampaikan pendapat atau pemikiran yang memadai. Kalau tidak ada bakat seharusnya berlatih keras. Nah, yang berbakat juga harus berlatih sebab berbakat saja tidak cukup. Alasan kenapa public speaking itu penting akan dijelaskan disini. Public speaking sangat pemakaiannya dalam kehidupan sehari-hari dan sangat mendukung karir apapun yang kita pilih maupun dalam pergaulan sosial.
1.      Meningkatkan Percaya Diri
Public speaking dapat meningkatkan percaya diri kita secara drastis. Disadari atau tidak kita hidup sebagai manusia makhluk sosial yang membutuhkan interakasi antara satu manusia dengan manusia lain.
2.      Membuat Anda Nyaman Bergaul
Hal yang paling tidak menyenangkan ketika bergaul adalah Anda kehabisan kata-kata dan ide untuk dibicarakan. Public speaking disini berperan sangat penting karena seorang public speaker akan terus berbicara dan tidak akan kehabisan kata.
3.      Berbakat Menjadi Penjual
Jika Anda seorang pemilik bisnis, public speaking akan menjadi alat yang ampuh menaikkan penjualan atau sales. Anda dapat mengaplikasikan public speaking pada tulisan kemasan produk Anda sehingga mengundang perhatian siapa saja yang melihatnya.
4.      Mudah Memahami Lawan Bicara
Lawan bicara bisa satu atau lebih orang. Dalam seminar atau forum diskusi Anda bisa dengan mudah menagkap ide lawan bicara Anda.
5.      Berjaga-Jaga Ketika Anda Harus Bertindak Sendiri
Maksudnya disini adalah setiap orang dalam hidupnya pasti akan mengalami berbicara di depan umum baik itu memberikan sambutan, ceramah, atau dalam kesempatan lain. Public speaking akan membantu Anda menghadapi banyak orang tersebut.
6.      Meningkatkan Kualitas Hidup
Kemampuan public speaking akan berpengaruh dalam kehidupan Anda. Orang yang sering diundang untuk menjadi pembicara publik otomatis suatu saat nanti akan diberikan kepercayaan untuk mengorganisasi suatu event atau bentuk lainnya (menjadi leadership)
7.      Bisa Mengukur Kemampuan Anda
Public speaking bisa mengukur seberapa kemampuan Anda. Akan tetapi ada juga orang yang memiliki kemampuan pas-pasan bualannya saja yang bagus. Ingat public speaking bisa dipelajari dan dikuasai dengan berlatih.
8.      Meningkatkan Pengetahuan
Seorang public speaker pasti akan mengetahui banyak hal sehingga bisa mendapatkan sumber bahan bicara yang relevan. Persiapan sebelum memberikan public speaking adalah saat dimana kita belajar dan bertambah pengetahuan kita.
9.      Menjadikan Anda Spesial
Kebanyakan hampir 90% orang jika secara mendadak disuruh untuk rapat, diskusi, memberikan ceramah atau yang lain akan menolaknya. Orang yang memiliki kemampuan public speaking akan menjadikan orang tersebut spesial di mata orang lain karena dianggap serba bisa.

Referensi:
https://persuasivepublicspeaking.wordpress.com/2015/03/27/9-alasan-mengapa-public-speaking-penting/
http://www.marketing.co.id/kemampuan-public-speaking-sebagai-modal-untuk-masa-depan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar